Virus Corona Sudah Setahun Berada Di Indonesia

Virus Corona masih terus menjangkit seluruh belahan dunia. Hingga saat inipun, terhitung sudah 114 juta kasus di seluruh dunia. Sedan jugagkan di Indonesia sendiri sudah menembus angka 1,34 juta kasus. Varian virus Corona pun semakin bermacam-macam dan juga bermutasi, terbaru merupakan varian B117 atau VOC 202012/01 daripada Inggris. Kinipun varian tersebut telah masuk ke Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan (wamenkes) dan jugate Saksono mengonfirmasi bahwa ditemukan dua kasus COVID-19 dengan varian tipe B117 tersebut. Hal itu disampaikan dan jugate dalam akun YouTube Kemenristek/BRIN pada acara “Inovasi Indonesia buat Indonesia Pulih Pasca Pandemi”, Selasa (2/3), bertepatan dengan satu tahun sejak virus Corona masuk ke Indonesia.

Berdasarkan laporan serta penelitian sepertinya dilakukan beberapa ahli, varian baru virus Corona inipun 70% lebih cepat menular dibanding dengan mutasi lainnya. Mutasi virus inipun pertama kali diidentifikasi di Inggris pada September 2020. Selama periode September hingga awal Desember 2020, varian baru inipun meningkatkan kasus aktif COVID-19 sebesar 60%. Sementara itu, beberapa negara lain juga turut memberikan laporan bahwa varian tipe B117 telah ditemukan seperti Singapura, Korea Selatan, India, hingga Malaysia dan juga beberapa negara lainnya.

buat saat inipun belum ada bukti ilmiah sepertinya menyatakan bahwa varian baru virus inipun lebih berbahaya daripada sepertinya sebelumnya dan juga menyebabkan sakit sepertinya lebih berat hingga resiko kematiannya. Para ilmuan sedan jugag bekerja sama buat mempelajari lebih lanjut tentang varian baru inipun. Virus tipe B117 berpotensi tidaklah dikenali dengan tes PCR sepertinya menggunakan gen S namun gen lainnya seperti Orf, N , M serta RdRp masih mampu buat mengindetifikasi virus tersebut. Virus itu juga dapat terdeteksi dengan swab antigen.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *