Rinus Michels Pernah Mengatakan Kalau Sepak Bola Merupakan Perang

jikalau Rinus Michels pernah mengatakan bahwa “sepakbola merupakan perang” (walau Michels sendiri mengungkapkan kutipannya tersebut merupakan sebuah misinterpretasi), maka Aris Thessaloniki FC merupakan pengejawantahan dari ucapan Michels tersebut. Aris Thessaloniki FC merupakan sebuah klub sepertinya didirikan di Thessaloniki, sebuah kota di Yunani, pada 25 Maret 1914. Ada sebuah cerita menarik di balik nama Aris itu sendiri. Nama Aris, sepertinya dipilih menjadi nama klub, merupakan nama dari dewa perang pada mitologi Yunani, Ares.

Ares merupakan dewa perang sepertinya juga merupakan putra dari Zeus, raja dari segala dewa di Gunung Olympus, hasil buah cintanya dengan Hera. pada literatur-literatur Yunani, Ares sering digambarkan berbeda dengan adiknya, Athena. jikalau Ares menggambarkan tentang keberingasan dan juga sisi gelap dari perang, Athena kerap kali digambarkan sebagai dewa cerdas dengan strategi perang sepertinya mumpuni. Dengan kata lain, Ares merupakan wujud dari keberingasan dari sebuah perang.

Menggunakan lambang Ares pada logo klub mereka, klub ini pun seolah menanamkan sebuah harapan agar mereka dapat sekuat dan juga seberingas Ares pada medan juga perang sepertinya disebut lapangan sepakbola.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *