Agar Aman dari Virus, Ini yang Harus Dilakukan Selama Staycation

Agar Aman dari Virus, Ini yang Harus Dilakukan Selama Staycation – Banyak definisi yang mengartikan aktivitas bernama staycation. Garis besarnya, staycation adalah kegiatan berlibur di area di sekitar rumah. Beberapa orang menerjemahkannya dengan cara melepas penat dengan berdiam diri di kamar hotel yang masih satu kota dengan area domisili. Pergantian suasana kamar dan ruang, dipercaya bisa menghalau stres selama pandemi melanda. Kegiatan melepas stres ala staycation memang menjamur di masa pandemi. Bahkan hotel dan resort pun banyak menawarkan paket staycation dengan harga dan fasilitas yang sangat bersaing.

Meski tidak bepergian ke banyak tempat, namun staycation tetap rawan dilakukan di masa wabah seperti sekarang ini. Nah agar staycation Anda nyaman dan aman, lakukan tips berikut ini:

1. Disinfektan kamar dan perabotan Di masa pandemi
Seluruh hotel menerapkan standar protokol kesehatan. Manajemen hotel juga menerapkan pembersihan kamar secara maksimal dengan cara menyemprotkan disinfektan. Meski begitu, Anda tetap harus berjaga-jaga sendiri. Bawalah selalu cairan disinfektan ketika Anda tengah berpergian. Begitu sampai di kamar hotel, bersihkan kamar secara menyeluruh. Semprotkan disinfektan pada area atau perabotan yang sering terpegang tangan. Seperti gagang pintu, remote televisi, kaca jendela, juga cangkir atau gelas.

2. Bawa selimut dan handuk sendiri
Jika Anda tidak percaya dengan kualitas disinfektan dari pihak hotel, Anda bisa membawa selimut dan handuk sendiri dari rumah. Selimut dan handuk adalah kain yang berisiko berkontak langsung dengan kulit tangan dan wajah kita. Jadi menjaga kebersihkan kedua piranti tidur dan mandi ini sangatlah penting.

3. Hindari tempat publik yang ramai
Ketika akan makan pagi atau berjalan-jalan di area hotel, tetap selalu patuh pada protokol kesehatan, terutama mengenakan masker. Hindari pula ruangan-ruangan yang berpotensi berisi banyak orang atau kerumunan. Seperti restoran, gym, dan bar. Jika makan pagi tak bisa dilakukan di dalam kamar masing-masing, pilihlah ruangan resto yang semi terbuka. Seperti di samping kolam renang atau di dekat taman.

4. Bersihkan tangan tiap 20 menit sekali
Ketika berada di luar kamar hotel, selalu bawa hand sanitizer di dalam kantong atas tas Anda. Kemudian bersihkan seluruh telapak tangan Anda setiap 15 atau 20 menit sekali. Karena selama berkeliaran di luar kamar, tangan berkontak dengan banyak benda seperti gagang pintu atau tombol elevator.

5. Bersihkan kamar tanpa bantuan housekeeping
Salah satu cara agar tidak tertular virus adalah dengan menghindari semaksimal mungkin kontak dekat dengan orang asing. Di masa pandemi jangan menggunakan housekeeping, bersihkan sendiri kamar hotel Anda. Jadi bersihkan sendiri kamar Anda tanpa meminta bantuan houskeeping, agar tidak ada orang asing yang lalu lalang masuk ke dalam kamar Anda.

6. Gunakan tangga ketimbang elevator
Menggunakan tangga bisa membuat Anda lebih aman juga lebih sehat. Karena jari jemari tidak perlu memencet tombol elevator, dan tubuh Anda bisa berolahraga ringan selama beberapa menit. Berada di elevator bersama orang asing sangatlah berisiko karena tidak ada ventilasi udara di dalamnya. Sehingga Anda menghirup udara yang sama, dengan yang dihirup oleh banyak orang di dalam bilik kecil tersebut. Enam langkah di atas adalah tips penting yang harus diingat dan sebaiknya dilakukan selama Anda berlibur staycation. Jangan sampai pulang dari berlibur Anda malah membawa buah tangan berupa virus yang bercokol di tubuh Anda.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *