Hanya 3 Kelompok yang Boleh Beraktivitas di Jakarta Tanpa Sertifikat Vaksin

Hanya 3 Kelompok yang Boleh Beraktivitas di Jakarta Tanpa Sertifikat Vaksin – Setiap orang yang beraktivitas di wilayah DKI Jakarta selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 harus telah divaksinasi minimal dosis pertama. Kebijakan itu tercantum dalam Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 974 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ada beberapa bukti yang harus dimiliki masyarakat yang telah melakukan vaksinasi Covid-19.

Adapun bukti status telah divaksin itu yakni yang terdapat pada aplikasi Jakarta Kini (JAKI), sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh pedulilindungi.id, dan atau bukti vaksinasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. Hanya tiga kelompok masyarakat yang boleh tetap beraktivitas meski tidak memiliki sertifikat vaksin.

Pertama, warga yang masih dalam masa tenggang tiga bulan pasca terkonfirmasi Covid-19 dengan bukti hasil laboratorium.
Kedua, penduduk yang kontraindikasi dilakukan vaksinasi Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis dengan bukti surat keterangan dokter. –
Ketiga, anak-anak usia kurang dari 12 belas tahun.

Aktivitas publik di Jakarta yang wajib tunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan wajib vaksin setelah mempelajari data terkait efek vaksinasi terhadap tingkat keparahan dan risiko kematian akibat Covid-19 di wilayah DKI Jakarta. Menurut Anies, dari data yang dilihatnya, sebanyak 4,2 juta warga berdomisili DKI Jakarta tercatat telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,3 persen yang terinfeksi Covid-19, itu pun dengan gejala ringan.

Selain itu, jumlah orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 setelah vaksinasi adalah 13 dari 100.000. Oleh karena itu, masyarakat yang melakukan aktivitas publik di DKI Jakarta wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Hal ini tertuang dalam SK Kadisparekraf Nomor 495 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Level 4 pada Sektor Usaha Pariwisata menyebutkan setidaknya ada lima aktivitas publik di DKI Jakarta yang wajib tunjukkan kartu vaksin Covid-19, yaitu:

1. Karyawan dan pengunjung hotel dan guest house.
2. Karyawan dan pengunjung di restoran, rumah makan, warteg, atau kafe yang sudah diizinkan untuk beroperasi selama PPKM Level 4.
3. Karyawan dan pengunjung salon dan barbershop (tukang pangkas rambut) yang usahanya berada pada lokasi tersendiri.
4. Keluarga, tamu undangan, dan petugas dalam pelaksanaan akad nikah di hotel dan gedung pertemuan.
5. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan transportasi umum jarak jauh, seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *