Cegah dan Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Merawat Payudara

Cegah dan Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Merawat Payudara – Payudara harus dirawat. Jika tidak dirawat dengan baik, benar dan kontinyu, payudara bisa rawan kendor dan tidak lagi menarik. Selain itu, jika payudara tidak dirawat, maka akan meningkatkan risiko timbulnya gangguan kesehatan di dalam payudara. Yang paling menakutkan tentu saja adalah kanker payudara.

Kanker dalam jaringan payudara terjadi ketika sel-sel di dalam payudara mengalami kelainaan dengan tumbuh berlebihan dan merusak sel-sel sehat yang ada di jaringan payudara. Dalam dunia wanita, kanker payudara merupakan kanker paling berbahaya setelah kanker serviks. Salah satu pencegahan dan deteksi dini kanker payudara adalah dengan cara merawat payudara secara rutin dan kontinyu dengan cara yang benar. Berikut ini adalah langkah-langkah merawat payudara:

1. Beri pelembab

Kulit di area manapun akan bahagia jika dirawat rutin dengan menggunakan pelembab. Jika Anda mengoleskan pelembab kulit secara rutin di kedua payudara Anda, maka kulit payudara akan lembab sepanjang hari dan tidak mungkin muncul ruam dan kekeringan. Kulit payudara juga area puting adalah area yang sensitif, jadi jika tak dirawat, kulit area tersebut bisa rawan kering hingga lecet. Oleskan pelembab dengan jalan memijat pelan. Pijatan ringan ini juga sekaligus bisa digunakan untuk mendeteksi apakah ada kelaianan benjolan di jaringan payudara.

2. Beri pijatan ringan

Ada beberapa nodus limpa di jaringan payudara yang mengandung air. Cairan limpa ini adalah cairan yang berguna menurunkan risiko berbagai timbulnya penyakit di jaringan payudara. Pijatan ringan bisa bermanfaat menstimulasi cairan menyebar ke segala arah sehingga dia bisa bekerja secara maksimal melindungi payudara. Setelah dioles pelembab, lakukan pijatan ringan memutar ke arah jantung selama beberapa menit. Pijatan ringan pada payudara juga diyakini bisa membantu meredakan ketegangan otot dan syaraf pada tubuh.

3. Meningkatkan asupan vitamin D

Beberapa studi menekankan bahwa kanker payudara bisa terjadi lantaran tubuh kekurangan vitamin D.  Studi yang lain menyimpulkan bahwa mengonsumsi vitamin D yang cukup bisa membantu meningkatkan peluang kesembuhan setelah seseorang didiagnosis menderita kanker payudara. Jadi salah satu cara untuk merawat payudara adalah dengan memperbanyak asupan vitamin D. Baik dengan bergerak di luar rumah, berolahraga, atau meminum suplemen berisi vitamin D.

4. Mengenakan bra yang benar

Mengenakan bra yang tidak sesuai ukuran bisa merusak bentuk payudara dan merusak postur tubuh. Jaringan tisue pada payudara bisa tertekan jika Anda mengenakan bra yang tak memiliki cup yang bisa menyangga ukuran payudara dengan benar. Jadi agar payudara senantiasa sehat, beli dan kenakan bra dengan ukuran yang paling sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara Anda.

5. Mengonsumsi anggur

Beberapa bahan makanan mengandung senyawa anti kanker, salah satunya adalah anggur yang berwarna merah gelap. Kulit dari anggur merah memiliki senyawa anti kanker yang bisa melindungi kulit payudara Anda dari berbagai masalah yang bisa berujung ke kanker. Jadi salah satu cara merawat payudara adalah dengan sering-sering mengonsumsi anggur merah di sela-sela pola makan Anda yang seimbang. Kelima langkah di atas efektif digunakan untuk menyehatkan dan melindungi payudara. Sehingga bentuk payudara akan senantiasa kencang dan padat, dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *