Tumbangkan PSM Makassar, Barito Putera Akhiri Catatan Jeblok

Tumbangkan PSM Makassar, Barito Putera Akhiri Catatan Jeblok – Pertandingan pekan kelima Liga 1 yang mempertemukan PSM Makassar vs Barito Putera berakhir dengan skor 0-2, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/9/2021)
Dua gol Barito Putera dicetak oleh Aleksandar Rakic (48′) dan Rafinha (60′). Babak pertama pertandingan PSM Makassar vs Barito Putera berjalan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Jual beli serangan dipertontonkan dalam pertandingan PSM Makassar kontra Barito Putera. Kedua tim sama-sama berusaha mencari gol. Serangan yang dibangun Barito Putera hampir saja merobek gawang PSM Makassar pada menit ketiga. Umpan terukur dari Lutfhi Kamal mampu disambut Azamat Baimatov yang dikawal ketat dua pemain PSM Makassar di dalam kotak penalti.

Beruntung, sundulan Azamat Baimatov masih mampu dihalau Syaiful yang mengawal gawang PSM Makassar. Sundulan yang berbuah tendangan sudut kembali dimaksimalkan Barito Putera. Bola yang dikirimkan Luthfi Kamal mengarah tepat ke kaki Rafael Oliveira. Namun, sepakan keras Rafinha masih melenceng dari gawang PSM Makassar.

Memasuki menit ke-28, PSM Makassar mengancam garis belakang Barito Putera melalui aksi Wiljan Pluim. Wiljan Pluim yang mampu mengelabui satu pemain Barito Putera dengan gocekanya langsung menembak bola ke arah gawang lawan. Usaha dari Wiljan Pluim itu masih belum mampu mengubah keadaan.

Pada menit ke-36, Wiljan Pluim kembali menyulitkan barisan pertahanan Barito Putera. Wiljan Pluim mampu menerobos ke dalam kotak penalti Barito Putera setelah melewati satu pemain lawan. Beruntung, ada Azamat Baimatov yang masih bisa menutup pergerakan Wiljan Pluim dengan hadangan bersih. Bola yang diamankan Azamat Baimatov memantul ke kaki Ilham Udin yang terbebas di area penalti Barito Putera.

Namun, peluang itu belum mampu dimaksimalkan Ilham Udin, tendangannya masih berada di atas mistar gawang Barito Putera. Jelang babak pertama berakhir, PSM Makassar mampu membuat kemelut di kotak penalti Barito Putera. Beruntung, kesempatan tersebut belum mampu menjadi gol. Hingga babak pertama berakhir skor masih 0-0. Babak kedua yang baru berjalan tiga menit, Barito Putera berhasil membuka keunggulan menjadi 1-0 atas PSM Makassar.

Gol itu diciptakan Aleksandar Rakic melalui sundulan di dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Bagas Kaffa. Upaya mengejar ketertinggalan dilakukan PSM Makassar pada menit ke-52 lewat tendangan bebas. Anco Jansen yang menjadi eksekutor berusaha melakukan dengan maksimal. Tendangan dari Anco Jansen hanya mengarah tipis di gawang M Riyanfi. Barito Putera berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-60.

Rafinha mampu memanfaatkan kesalahan antisipasi dari pemain PSM Makassar. Rafinha pun langsung menusuk ke garis pertahanan, lalu menceploskan bola ke pojok gawang PSM Makassar. Bola yang disepakat Rafinha meluncurkan deras sehingga tidak bisa diamankan Syaiful. Pada menit ke-74, PSM Makassar hampir saja memperkecil ketertinggalan. Namun, peluang yang didapat Ilham Udin yang berujung gol lebih dulu dianulir offiside.

Memasuki menit ke-81, PSM Makassar mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas. Eksekusi terukur yang dilakukan Anco Jansen masih mampu dihalau M Riyandi. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk keunggulan Barito Putera atas PSM Makassar.
Kemenangan ini sekaligus mengakhiri catatan jeblok Barito Putera di empat pertandingan sebelumnya. Dari empat pertandingan Liga 1 itu, Barito Putera mencatatkan tiga kekalahan dan sekali imbang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *