Ronaldo Madura Umbar Janji untuk Timnas Indonesia U-23, Apa Katanya?

Ronaldo Madura Umbar Janji untuk Timnas Indonesia U-23, Apa Katanya? – Penyerang muda Madura United, Ronaldo Kwateh, tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagia. Dia masuk dalam daftar 33 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia U-23. Pelatih Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 yang akan menjalani Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Mereka tergabung di Grup G dan akan bersaing dengan Australia dan China yang bertanding di Tajikistan.

“Saya sangat senang bisa dipanggil Timnas Indonesia U-23 untuk berangkat ke Tajikistan. Saya bersyukur kepada Tuhan, saya diberi kesempatan ini. Semoga kesempatan ini bisa saya maksimalkan dan menampilkan yang terbaik,” kata Ronaldo Kwateh. “Ini motivasi dari orang tua saya yang selalu mendukung saya. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik buat Timnas Indonesia U-23,” kata pemain berdarah Liberia-Indonesia tersebut.

Ronaldo Kwateh merupakan fenomena dalam BRI Liga 1 2021/2022. Dia menjalani debut saat tampil membela Madura United di pekan pertama melawan Persikabo 1973 di pekan pertama (3/9/2021). Saat itu, dia berusia 16 tahun 10 bulan 15 hari. Rekor itu tidak bertahan lama karena dipecahkan oleh pemain muda Persija Jakarta, Dony Tri Pamungkas. Dia mendapat kesempatan tampil sebagai pengganti Osvaldo Haay melawan Persita Tangerang pada pekan kelima di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (28/9/2021).

Meski demikian, Ronaldo tetap memegang satu rekor yang sulit dipecahkan. Dia menjadi pemain termuda yang tampil di Liga 1 dengan status sebagai starter alias tampil sejak menit pertama. Hal ini jarang didapatkan pemain muda lainnya. “Saya juga berterima kasih kepada staf pelatih (Madura United) karena telah memberi kepercayaan untuk bermain di Liga 1 selama beberapa pertandingan kemarin. Saya berterima kasih kepada Coach Rahmad Darmawan dan staf pelatihnya,” kata Ronaldo.

Shin Tae-yong saat ini masih sibuk dengan Timnas Indonesia level senior di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Chinese Taipei. Babak pertama berakhir dengan kemenangan 2-1 (7/10/2021), sedangkan babak kedua akan digelar 12 Oktober 2021. Timnas Indonesia U-23 akan berangkat ke Tajikistan pada 12 Oktober 2021 dengan dua rombongan. Rombongan pertama yang berisi Shin Tae-yong beserta asistennya dan pemain Timnas Indonesia senior yang dipanggil ke timnas U-23 bakal terbang dari Thailand. Sementara rombongan kedua akan bertolak dari Indonesia.

Dua rombongan ini sama-sama bakal pergi ke Tajikistan pada 12 September 2021 atau sehari setelah Timnas Indonesia senior melawan Chinese Taipei pada babak kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia U-23 akan memulai kiprahnya dalam Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 dengan melawan Australia pada 27 Oktober 2021, berlanjut menghadapi China pada 30 Oktober 2021.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *