Cristiano RonaldoTertunduk Lesu, Gagal Wujudkan Ambisi Juventus di Piala Dunia 2022

Cristiano RonaldoTertunduk Lesu, Gagal Wujudkan Ambisi Juventus di Piala Dunia 2022 – Kebintangan Cristiano Ronaldo akan sulit dibantah sebagai pemain sepak bola terbaik sejagat saat ini. Pemain Manchester United berusia 36 tahun ini memiliki segudang pencapaian prestasi baik secara individu maupun bersama klub dan Timnas Portugal. Cristiano Ronaldo telah mengoleksi 32 trofi juara sepanjang kariernya, termasuk lima gelar Liga Champions, juara kompetisi domestik bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Belum lagi penghargaan individu miliknya yang akan sulit disaingi oleh pemain manapun. Cristiano Ronaldo telah mencatat lima kali trofi Ballon d’Or dan menyabet empat kali menyabet trofi sepatu emas. Kedigdayaannya membuat klub harus mengganjar nilai transfer dan gaji yang tidak sedikit. Sosok Cristiano Ronaldo merupakan pesepakbola dengan bayaran tertinggi dunia. Tidak terlepas dari kualitasnya sebagai mesin gol maut. Akan tetapi, Cristiano Ronaldo tetaplah manusia biasa yang pernah ketiban sial dalam perjalanan kariernya. Sejumlah kesialan menghampirinya, terutama dalam beberapa musim terakhir.

Gagal Mewujudkan Ambisi Juventus

Cristiano Ronaldo menuai banyak kesuksesan bersama Real Madrid, hingga akhirnya berpisah di tahun 2018. Dia sepakat bergabung ke raksasa Italia, Juventus. Cristiano Ronaldo menandatangani kontrak berdurasi empat musim di Turin. Pemain berusia 33 tahun itu dikabarkan menerima gaji sebesar 30 juta euro per musim.

Satu di antara motivasi kedatangannya ke Turin adalah emembantu Si Nyonya Tua memenangkan Liga Champions. Trofi yang lama ditunggu para pendukung Juventus, setelah terakhir kali didapat pada tahun 1996. Petualangannya di Juventus, Cristiano Ronaldo meraih dua kali scudetto, dua piala super Italia, dan Coppa Italia. Dia menjadi pencetak gol terbanyak Serie A pada musim lalu 2020/2021 dengan 29 gol.

Dia gagal mewujdukan ambisi Bianconeri mengangkat trofi Liga Champions selama tiga tahun kesempatan. Juventus selalu kandas di fase knock-out, setelah ditumbangkan Ajax Amsterdam, Olympique Lyon, dan terakhir FC Porto. Sang mega bintang Portugal itu tidak menyelesaikan jangka kontraknya, karena pada tahun keempat memilih berpisah dan bergabung ke Manchester United.

Gagal Pertahankan Trofi Piala Eropa

Kekalahan 0-1 yang ditelan Portugal ini membuat sang juara bertahan harus angkat koper dari pertandingan tersebut. Cristiano Ronaldo kembali menjadi pemimpin Timnas Portugal di pertandingan Piala Eropa 2020. Adapun status tim Selecao Das Quinas adalah juara bertahan setelah juara di tahun 2016.

Sempat tampil bagus di awal babak penyisihan grup, Portugal harus meratapi nasib disingkirkan Belgia pada babak 16 besar. Portugal kalah tipis 0-1 lewat gol tunggal Thorgan Hazard dan menhentikan Langkah Cristiano Ronaldo dkk. Namun, Cristiano Ronaldo keluar sebagai peraih gelar topscorer Piala Eropa 2020 dengan lima gol. Jumlah golnya sama dengan striker Republik Ceko, Patrick Schick. Namun Ronaldo dinyatakan sebagai pemenang dengan unggul assist.

Merana Saat Kembali ke Manchester United

Setelah cabut dari Juventus, Cristiano Ronaldo memutuskan kembali ke klub lamanya Manchester United pada hari-hari terakhir menjelang penutupan jendela transfer musim panas 2021. Dia dibayar dengan mahar 15 juta euro dan diikat kontrak hingga 2023. Banyak yang berharap ketajamannya belum habis dan benar saja Ronaldo masih menjadi striker maut.

Cristiano Ronaldo sejauh ini telah mencatatkan empat gol dan satu assist bersama Setan Merah di Liga Inggris. Sementara di Liga Champions, dia sudah mengemas lima gol dari empat pertandingan. Namun perlahan performa timnya angin-anginan, setelah babak belur di Liga Inggris.

Puncaknya adalah kekalahan memalukan 0-5 dari Liverpool dan 0-2 dari Manchester City. Hasil itu membuat Manchester United merosot hingga keluar dari posisi lima besar, terpaut sembilan poin dari Chelsea di pucuk klasemen. Kans Ronaldo bersama Man United meraih gelar juara musim ini pun menjadi berat.

Terancam Jadi Penonton di Piala Dunia 2022

Setelah kebobolan gol kedua di menit akhir babak kedua, Cristiano Ronaldo pun seolah tidak percaya dan hanya bisa tertunduk melampiaskan kekecewaannya. Cristiano Ronaldo tertunduk lesu setelah Portugal kalah dari Serbia 1-2 dan gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (15/11/2021).

Dalam pertandingan ini, Portugal yang tinggal membutuhkan minimal hasil imbang untuk lolos sejatinya sempat unggul lebih dulu berkat gol Renato Sanches di awal pertandingan. Namun, Serbia sukses bangkit. Setelah menyamakan skor lewat aksi Dusan Tadic, Serbia memastikan kemenangan berkat gol Aleksandar Mitrovic di menit-menit akhir.

Berkat hasil ini, Serbia berhak mengakhiri babak Kualifikasi ini dengan status juara Grup A berbekal poin 20, sedangkan Portugal yang finis sebagai runner-up dengan poin 17 harus mengadu nasib di babak play-off. Pasalnya, Piala Dunia 2022 besar kemungkinan akan menjadi Piala Dunia Terakhir bagi Cristiano Ronaldo. CR7 sudah berusia 37 tahun pada Piala Dunia 2022. Jika Portugal tidak lolos, maka ia harus menunggu empat tahun lagi untuk manggung di ajang itu. Itu berarti, Ronaldo akan berusia 41 tahun pada Piala Dunia 2026.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *