Chelsea Kalah Pertama Kali Musim Ini Berkat Tembakan Memutar Gabriel Jesus

Chelsea Kalah Pertama Kali Musim Ini Berkat Tembakan Memutar Gabriel Jesus – Manchester City menekuk Chelsea 1-0 berkat gol tembakan memutar badan Gabriel Jesus untuk memberi kekalahan perdana The Blues musim ini. Gabriel Jesus mencetak gol penentu kemenangan Manchester City di markas Chelsea, Stamford Bridge, dalam lanjutan Liga Inggris pekan 6, Sabtu (25/9/2021). Hasil tersebut merupakan kekalahan perdana yang dialami The Blues di Liga Inggris musim ini.

Skuad asuhan Pep Guardiola juga membalas hasil buruk serupa yang membuat mereka takluk dari Chelsea di final Liga Champions musim lalu. Dalam waktu setengah jam pertama, lapangan seperti berat sebelah ke pertahanan Chelsea karena mereka rutin diserang Man City. Sang juara bertahan menguasai 71 persen bola dan melepaskan 4 tembakan di 30 menit awal. Namun, dari itu semua, tidak banyak peluang bagus karena mentah di garis belakang Chelsea dengan 3 kali tembakan diblok.

Sementara kubu Chelsea belum menemukan koneksi bagus antara duet Romelu Lukaku dan Timo Werner. Mereka seperti mengalami korsleting karena tidak mampu berkolaborasi baik satu sama lain. Ada dua momen ketika Werner mendapatkan bola di sisi kiri penyerangan, sedangkan Lukaku menunggu di sisi kanannya. Akan tetapi, penyerang asal Jerman itu memilih mengendalikan sendiri hingga berujung dihalau Ruben Dias ataupun tembakannya diblok punggung Kyle Walker.

Menit ke-39, Kevin de Bruyne melancarkan tembakan dari luar kotak penalti Chelsea untuk menyiasati rapatnya pertahanan. Namun, bola melesat di atas mistar Edouard Mendy. Adapun tembakan voli Gabriel Jesus dalam posisi bagus di kotak penalti berhasil dihalau lengan atas Antonio Ruediger. Babak pertama berakhir tanpa gol dan minus satu pun tembakan tepat sasaran. Man City saat turun minum mendominasi penguasaan bola 67 persen dan melepas 6 tembakan berbanding 1.

Memasuki babak kedua, dominasi Man City berbuah manis dengan rentetan peluang membahayakan. Diawali oleh tembakan Jack Grealish yang meleset di sisi kiri gawang Edouard Mendy tiga menit pascajeda. Hanya lima menit kemudian, gol pemecah kebuntuan pun tercipta. Berawal dari korner, bola dikontrol Joao Cancelo, yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah kepada Gabriel Jesus yang dikelilingi tiga pemain Chelsea di area terlarang.

Sambil memutar badan, penyerang Brasil itu sukses menemukan celah menembak untuk menceploskan bola ke gawang Mendy. Berawal dari kesalahan tangkapan Mendy, Jesus nyaris mencetak gol kedua sebelum tembakannya diblok secara brilian oleh Thiago Silva di garis gawang. Menit ke-63, jala Ederson sempat bergetar karena tembakan Romelu Lukaku. Namun, gol dianulir karena Kai Havertz tertangkap offside dalam proses yang mendahuluinya.

Mateo Kovacic memperoleh ruang tembak sempurna untuk menyarangkan bola ke gawang, tetapi sapuan brilian Ruben Dias membuatnya keluar. Tidak ada tambahan gol tercipta meski tercipta sejumlah peluang milik kedua kubu. Hasil ini membuat rekor unbeaten Chelsea ternoda, sementara Man City naik ke posisi runner-up untuk menggeser The Blues di bawah Liverpool.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *