Cara Sederhana Mengawetkan Buah Pisang

Cara Sederhana Mengawetkan Buah Pisang – Pisang adalah buah yang cepat matang. Ketika tidak segera dikonsumsi, kulit pisang akan semakin gelap dan coklat dengan daging buah yang tidak lagi terasa segar. Hal ini tentu saja sering jadi masalah. Karena terkadang kita ingin mengonsumsi pisang dalam waktu yang panjang, tidak sehari dua hari langsung habis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang waktu konsumsi pisang, membuat pisang awet segar lebih lama.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini beberapa cara mengawetkan pisang yang bisa Anda lakukan:

1. Gantung dan jauhkan dari buah-buahan lain
pisang kepok Jangan pernah meletakkan pisang di dekat apel dan pir dan buah-buahan lain yang sudah matang. Gas etilen dari buah apel yang sudah matang akan membuat buah pisang menjadi lebih cepat matang. Cara terbaik menyimpang pisang adalah menggantungnya di lemari dapur, jauh dari kontainer buah-buahan lain. Ketika membeli pisang, jangan membeli pisang yang digantung di atas buah apel, alpukat, tomat juga apel. Karena sudah bisa dipastikan buah pisang tersebut sudah terkontaminasi banyak gas etilene.

2. Bungkus ujung tangkainya dengan plastik
Jika Anda membeli pisang satuan, maka segera bungkus tangkai buah pisang dengan plastik hingga rapat. Pastikan tidak ada udara yang bisa menyentuh ujung tangkai dari buah pisang yang ada. Membungkus tangkai pisang dengan plastik bisa mencegah buah pisang matang terlalu cepat. Gas etilen pisang biasanya keluar dari ujung tangkai. Jadi ketika Anda membungkusnya dengan rapat, gas etilene tidak akan keluar dan membuat buah pisang di samping-sampingnya jadi matang terlalu cepat.

3. Simpan dalam lemari pendingin
Begitu buah pisang matang, segera masukkan ke dalam lemari pendingin. Suhu dingin bisa memperlambat laju dari proses pematangan buah pisang. Jadi buah pisang akan terus dalam kondisi awal, seperti ketika Anda belum memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Namun ingat, begitu Anda mengeluarkan dari lemari pendingin, kulit pisang akan dengan cepat berubah menjadi coklat. Jadi keluarkan pisang hanya jika Anda ingin mengonsumsinya dengan segera saja.

4. Tambahkan citrus
Jika Anda ingin mengawetkan buah pisang yang sudah dikupas, beri perasan jeruk nipis atau lemon ke atasnya. Zat citrus dari buah jeruk akan memperlambat laju pematangan buah pisang. Meski nantinya, zat asam dari citrus akan sangat mempengaruhi buah pisang yang ada.

5. Rendam dalam air cuka
Selain menggunakan lemon, Anda juga bisa mengawetkan buah pisang dengan larutan cuka. Ambil pisang yang sudah dikupas dan diiris, masukkan ke dalam larutan air yang dicampur cuka. Tiriskan, simpan dalam lemari pendingin. Nantinya ketika akan mengonsumsi buah pisang, bilas dulu buah pisang agar kandungan cukanya larut.

6. Bekukan dalam freezer
Jika Anda ingin mengawetkan pisang lebih dari lima hari, cara satu-satunya adalah dengan membekukannya di dalam freezer. Nantinya, buah pisang bisa langsung diolah menjadi smoothie ketika masih dalam kondisi beku. Pisang beku akan memberikan tekstur lebih creamy ke dalam olahan smoothie.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *